Bijak Menggunakan Media Sosial 

Saat ini media sosial telah menjadi sebuah trend bahkan bagi sebagian orang merupakan sebuah kebutuhan. Dan secara tak langsung media sosial telah mempengaruhi perilaku dan keseharian kita. Hayo ngaku, siapa yang sejak bangun tidur sampai tidur lagi gak pernah absen buat update di media sosial?

Gawat, sudah mulai terkena syndrome fomo tuh.

Media sosia banyak macamnya, mulai dari twitter, facebook, instagram, line, bbm, path bahkan whatssapp pun kini sudah mulai update.
Sebenarnya sih sah-sah aja buat eksis asal jangan sampai kecanduan atau berlebihan hingga mengakibatkan tugas-tugas utama kita seperti belajar atau bekerja jadi terabaikan.
Sebagai seorang individu, kita harus mulai belajar untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Berikut tulisan yang saya copy dari explor.xl.co.id tentang beberapa hal yang dapat dijadikan acuan untuk bijak menggunakan media sosial :

  1. Hati-hati ketika men-share informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, no HP, dll ke publik atau pihak tertentu. Pastikan penerima informasi yang dituju adalah pihak-pihak yang bertanggungjwab, jangan sampai menjadi korban phishing atau sejenisnya.
  2. Selalu gunakan etika/norma ketika berinteraksi dengan siapapun di media sosial, walaupun tidak saling mengenal, karena apapun yang akan di-posting di media sosial dapat dilihat oleh publik
  3. Pastikan siapa saja semua pengikut/teman akun media sosial, hati-hati terhadap akun-akun yang tidak dikenal karena tidak ada jaminan akun tersebut adalah akun yang dapat dipertanggungjawabkan
  4. Pastikan apapun yang di-posting di akun media sosial adalah posting-an yang tidak mengandung unsur SARA
  5. Pastikan untuk mencantumkan sumber konten posting-an jika mem-posting suatu hal hasil karya orang lain misalnya quotes atau sejenisnya.
  6. Jangan memproduksi atau me-repost apapun yang belum jelas sumbernya.
  7. Manfaatkan sebesar mungkin media sosial untuk menunjang proses pengembangan diri mulai dari ilmu pengetahuan, berbagi materi kuliah, koordinasi dalam organisasi, bisnis, dll.
  8. Gunakan sebesar-besarnya media sosial untuk menunjang produktivitas seperti mengerjakan tugas, skripsi, dll.
  9. Gunakan untuk membangun jaringan yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai macam hal misalnya saat mencari pekerjaan, menjalin rekan bisnis, dll.

Ngomongin media sosial berarti berbicara tentang internet.Nyeselin banget kan kalau lagi asik-asiknya upload foto dan lain-lain di media sosial tapi internetnya lelet.
Huhuy … jaman sekarang tanpa internet mati gaya boo. Nih aku kenalin provider kece anti lelet. Asik banget buat upload, download, streaming bahkan untuk teleponan.

Aku gak bisa bercerita banyak, tapi aku sarankan cobain aja pake XL buat tahu apa bedanya dengan provider yang lain.

Semoga bermanfaat dak kita pun bisa semakin bijak dalam bermedia sosial.

sumber: https://xplor.xl.co.id/t5/Lounge/Gunakan-Sosial-Media-dengan-Bijak-dan-Benar-Tips-amp-Trick/m-p/33324#M2146

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *