Kelas Literasi Digita Bersama Sisternet

Saat ini perkembangan dunia digital semakin maju. Tak ayal hal ini membuat para orangtua, harus lebih paham tentang plus minusnya bagi perkembangan anak.

Untuk itu XL Axiata dan Sisternet mengelar Kelas Literasi Digital di SMPN 285 Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu.

Perkembangan digita membuat masyarakat lebih melek teknologi, terlihat dengan mudahnya mengakses informasi dan maraknya membuat akun media sosial.

Sebagai orangtua harus banyak belajar dan bijaksana dalam mengikuti perkembangan jaman. Agar bisa lebih memantau, kegiatan anak ketika kereka berselancar didunia maya. Saat ini pemerintah pusat maupun daerah gencar melakukan edukasi pengenalan, manfaat digital disetiap pelosok daerah di Indonesia.

Mengingat banyak sekali kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di dunia maya. Internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif bagi anak-anak kita. Karena disitu berbagai informasi tersedia, jangan sampai anak-anak membuka situs yang memang belum sepantasnya untuk mereka.

Meskipun begitu melalui internet banyak kesempatan-kesempatan cemerlang yang bisa menghasilkan uang tambahan jika kita memanfaatkannya secara benar.

Kelas Literasi Digital di Pulau Untung Jawa Bersama XL melalui Sisternet

Sesuai dengan komitmennya, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui Sisternet pada tanggal 15 November 2018 lalu kembali menggelar Kelas Literasi Digital. Kali ini mengambil tempat di SMPN 285 Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu.

Edukasi pemanfaatan internet ini diadakan guna memperkuat kapasitas pendidikan anak. Dengan mengambil tema “Mendidik Anak di Era Digital” sebanyak 50 peserta dari kalangan guru dan warga datang dari sejumlah pulau.

Acara juga dihadiri oleh Bupati Administrasi Kepulauan Seribu, Irmansyah dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Administrasi Kepulauan Seribu, Ade Yulia Narun yang menyambut positif kegiatan tersebut.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini peran aktif orangtua di era digital ini bisa membimbing anak-anaknya, agar mampu memanfaatkan keberadaan akses internet untuk tujuan-tuhuan yang positif, termasuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang itu.

Irmansyah mengatakan, “Kami sangat senang bisa kembali bekerjasama dengan XL Axiata. Sebelumnya kita bekerjasama dalam pembangunan infrastruktur jaringan data XL Axiata di Kepulauan Seribu sehingga kami bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas di berbagai sektor, termasuk ekonomi dan pendidikan. Berdasarkan data yang kami catat, saat ini sekitar 60% dari jumlah penduduk di Kepulauan Seribu telah menggunakan akses internet, bahkan jumlah penggunanya mulai dari kalangan anak-anak yang masih di jenjang sekolah dasar.

Dengan adanya program pelatihan kepada para orang tua dan guru didik ini, kami harapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak di era digital yang tentunya akan dapat berdampak langsung pada peningkatan perekonomian penduduk bahkan peningkatan sektor pariwisata di Kepulauan Seribu.”

Dalam kesempatan tersebut, Sisternet mengundang Rita Nurita sebagai pembicara. Beliau adalah pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA) sekaligus aktivis penggiat internet sehat.

Berbagi pengalaman dalam memberikan edukasi tentang manfaat internet pada anak-anaknya. Semoga kita dapat memanfaatkan internet dalam kehidupan kita dengan positif.

Selain kelas Literasi, Sisternet juga mengadakan kelas make up bersama Wadah Cosmetic, di mana para peserta yang hadir diajarkan untuk merawat kecantikan kulit wajahnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.