Lomba Menulis Tidore Untuk Indonesia 

Waktu pertama mendengar kata Tidore yang terlintas dibenakku adalah amazing, aku harus ke sana. Apalagi pas lihat undangan acara gathering dan launching lomba menulis tentang ‘Tidore Untuk Indonesia’ di Instagram Visit Tidore, pengen banget daftar tapi sempat galau gara-gara gak familiar sama lokasi acaranya.

Setelah berkutat antara dateng dan tidak, akhirnya aku daftar juga, sempat hoplles karena kuotanya penuh, tapi yang namanya rejeki tidak akan ke mana. Dan paginya sempat galau karena cuaca yang kurang mendukung, tapi akhirnya. Aku di sini.

Acara Blogger Gathering dan Launching Lomba Menulis Blog bertema ‘Tidore Untuk Indonesia’ ini dilaksanakan pada hari Minggu 12 Februari 2017 dengan mengambil tempat di Fola Barakati, Cibubur. Lumayan jauh bingit dari rumahku nih.

Sang penyelenggara, Ngofa Tidore bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Tidore dalam rangka menyambut dan merayakan hari jadi Tidore yang ke-909 pada bulan April 2017 mendatang, sengaja membuat acara ini untuk mensosialisasikan lomba menulis tentang Tidore dan yang menang akan di ajak ngetrip gratis ke Tidore selama 6 hari. Wihh, galau lagi nih, masalahnya yang dateng ke acara ini blogger kece semua. Hikkk ..

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu diawali dengan tarian Soya-soya untuk menyambut Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim, MH dan Jojau (Perdana Mentri Kesultanan Tidore) M. Amin Faruk, serta Kadispar Tidore Kepulauan. Menjelang siang Sultan Tidore H. Husain Sjah pun ikut bergabung dan di sambut dengan tarian Kapita. Selain para blogger hadir pula komunitas Fomakita para mahasiswa mahasiswi asal Ternate dan Tidore yang kuliah di Jakarta, serta awak media dari beberapa TV nasional yang meliput acara ini.

Para undangan juga diberi kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner, khas Tidore. Serta menyaksikan video tentang Tidore yang membuat tambah ingin ke sana.

Mbak Anita Gathmir selaku direktur utama Ngofa Tidore berserta tim-nya yang solid, telah membuat dan merancang acara ini dengan sangat matang. Tidak sekedar mengenalkan budaya, sejarah, dan potensi wisata Tidore lebih luas lagi melalui media, tapi juga akan mengajak serta blogger untuk menyaksikan kegiatan perayaan hari jadi Tidore pada bulan April nanti melalui lomba menulis blog bertema #TidoreUntukIndonesia.

Lomba menulis blog telah dibuka secara resmi oleh Bapak Walikota Kepulauan Tidore dan ditandai dengan ditabuhnya alat musik tradisional Tifa. Lomba menulis ini tidak hanya boleh diikuti oleh yang datang pada saat gathering, tapi juga terbuka untuk yang tidak hadir.

Berikut syarat dan ketentuan Lomba Menulis Blog Tidore Untuk Indonesia:

1. Peserta membuat tulisan dengan tema “Tidore Untuk Indonesia.”

2. Tulisan diposting melalui blog dan website yang aktif.

3. Peserta dapat menulis tentang Sejarah Tidore, Wisata Alam Tidore, Adat istiadat Tidore, Kuliner Tidore. Boleh pilih salah satu, atau boleh digabung dalam satu tulisan.

4. Panjang artikel minimal 500 kata

5. Menggunakan minimal 2 buah foto yang menggambarkan Tidore. Boleh menggunakan foto pihak lain tapi dengan seijin pemilik foto dan menyebutkan sumbernya. Panitia tidak bertanggung jawab jika terjadi pelanggaran hak kekayaan intelektual dari pihak manapun juga.

6 .Peserta berdomisili di Indonesia.

7 .Wajib follow twitter @Vtidore dan instagram @visit.tidoreisland

8. Judul tulisan diawali “Visit Tidore Island – [Judul]”, misalnya: “Visit Tidore Island – Pulau Sarat Sejarah”

9. Gunakan kata “Visit Tidore Island” dalam tulisan dan di hyperlink ke  : www.instagram.com/visit.tidoreisland Cukup 1 hyperlink.

10. Informasikan tentang lomba ini dengan cara memasang banner lomba di akhir tulisan.

11. Panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang dianggap melanggar sebagian atau seluruh syarat dan ketentuan kompetisi ini.
Periode dan Pengumuman Lomba

  • Periode Lomba 12 Februari 2017 – 18 Maret 2017
  • Batas pengumpulan Tulisan : 18 Maret 2017 Pukul 23.59 WIB
  • Pengumuman pemenang lomba tgl. 23 Maret 2017 di akun Instagram @visit.tidoreisland

Kriteria Penjurian
1. Judul dan isi artikel sejalan dengan tema lomba.

2. Tidak mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).

3 .Tulisan tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun juga.

4 .Juri memiliki hak prerogatif untuk menentukan pemenang

Mekanisme Penjurian
1. Tulisan dipublikasikan di blog pribadi masing-masing, bukan blog komunitas atau portal berita.

2. Peserta wajib share link blog di twitter pribadi. Mention dan tag @VTidore. Gunakan hastags #VisitTidore

3. Post 1 (satu) foto yang menggambarkan tentang Tidore (bangunan bersejarah, wisata alam, pulau, pantai) di Instagram. Tag @visit.tidoreisland dan gunakan hastags #VisitTidoreIsland.

4. Peserta wajib mengirimkan data melalui email ke alamat visittidoreisland@gmail.com berupa: Nama, alamat, nomor HP, nama blog, fotocopy KTP, akun medsos (Twitter, Instagram, Facebook) dan link tulisan blog.

5. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Hadiah Lomba blog

5 orang pemenang akan diundang ke Tidore untuk mengikuti rangkaian kegiatan Perayaan Ulang Tahun Tidore mulai tanggal 8-13 April 2017 selama 6 hari. Semua akomodasi ditanggung oleh panitia.

Juri lomba blog: 

  1. Sofyan Daud (Budayawan Maluku Utara)
  2. Annie Nugraha (Tim Ngofa Tidore)
  3. Katerina (Travel Blogger)

Segala pertanyaan yang berhubungan dengan lomba menulis blog dapat disampaikan melalui email : visittidoreisland@gmail.com
Acara yang menarik ini pun harus berakhir sekitar pukul 14.00 dengan ditutup atraksi kesenian bambu gila dan foto bersama.

Selain reportase tulisan ini juga mengambil referensi dari http://www.travelerien.com/2017/02/lomba-menulis-blog-tidore-untuk-indonesia.html?m=1

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.