Mengenal Banyumas Lewat Acara Expose Pariwisata 

Saat ini mungkin orang, termasuk saya hanya mengenal Baturraden sebagai tempat wisata di Banyumas. Padahal kabupaten yang berada di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata lain yang menarik.

Dan hari ini, saya mendapat wawasan lebih luas tentang Banyumas dari Drs. Saptono Supriyanto, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (DINPORABUDPAR) Pemerintah Kabupaten Banyumas saat menghadiri acara Expose Pariwisata. Acara yang berlangsung di Rumah Makan Handayani, Matraman Jakarta Timur tersebut sengaja diadakan dalam Rangka Promosi Pariwisata Nusantara.

“Banyumas bukan hanya Baturraden, tetapi masih banyak objek wisata yang tidak kalah menarik,” papar Saptono saat menyampaikan sambutannya di depan para undangan yang sebagian besar awak media dan blogger. Dan selanjutnya Saptono pun bercerita tentang berbagai wisata di Banyumas, diantaranya wisata air terjun yang jumlahnya ratusan, maka tak heran bila ada yang menyebut Banyumas sebagai negeri 1001 Curug (air terjun).

“Tidak hanya Baturraden yang ada di Banyumas, ada 1000 curug lebih yang bisa dikunjungi, lalu wisata sejarah dan religi juga ada,” lanjut Saptono.

Dalam acara ini Saptono pun mengajak yang hadir untuk ikut serta mengekspose pariwasata Banyumas yang selama ini belum diketahui oleh banyak orang dengan mengadakan lomba menulis tentang Banyumas. Dan bagi yang menang akan diajak untuk mengunjungi Banyumas.

Ia berharap dengan lomba menulis ini akan banyak orang berkunjung ke lokasi wisata yang terdapat di Banyumas. Menurutnya banyak lokasi menarik yang tidak kalah indah dengan daerah lain yang ada di negeri ini.

“Selain tempat wisata, kita juga sekarang sudah memiliki berbagai hotel yang lengkap dengan tempat meeting, tempat bermain outdoor, dan tempat menarik lainnya. Ayo rame-rame ke Banyumas dan nikmati semua lokasi wisata yang terdapat di sana. Banyumas juga kaya akan kulinernya. Jadi, selain bisa menikmati wisata juga bisa menikmati aneka kulinernya juga,” ajak Saptono.

Saat di tanya tentang target pengunjung, Saptono mentargetkan kunjungan wisatawan tahun ini 1800.000 pengunjung. Lebih banyak lagi dari tahun lalu, 2016 yang mencapai 1.150.000 pengunjung. Banyumas saat ini pun terus bersolek dan banyak mengadakan event guna menarik wisatawan, seperti

  • Festival Serayu Banyumas.
  • Banyumas Extravaganza.
  • Pemilihan Kakang dan Mbekayu Duta Wisata Banyumas.
  • Dan masih banyak lagi.

Semoga saja suatu saat saya bisa menginjakkan kaki ke Banyumas hingga banyak yang bisa ditulis dan tidak hanya melihat keindahannya lewat pamflet saja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.