Menikmati Menu Peranakan Ala Kedai Sirih Merah

Bicara soal kuliner, Jakarta memang gak ada matinya, hampir semua ada tinggal pilih mau apa. Salah satu tempat kuliner yang wajib di kunjungi adalah Kedai Sirih Merah yang berada di Jl Taman Kebon Sirih 1 No.5 Tanah Abang Jakarta Pusat, tepat di depan Bank Indonesia arah stasiaun Tanah Abang.

Kedai Sirih Merah adalah Restoran dengan konsep peranakan yang dipadu dengan nuansa khas Indonesia, dengan eksterior rumah peranakan dengan paduan Indonesia tempo doeloe, hal ini terlihat jelas dari luar bangunan. Sedangkan untuk interior resto ini berhiaskan lukisan hasil karya anak bangsa yang menggambarkan kehidupan tempo doloe ditambah hiasan dinding yang unik serta lantai keramik jadul jaman doeloe yang antik di tiap ruang menambah kentalnya aksen peranakan dan membuat Kedai ini berasa hommy banget.

Gazebo besar unik yang terletak di sisi belakang juga memberikan kenyaman taman belakang yang asri. Hingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Sampai saat ini Kedai Sirih Merah telah menyajikan 100 menu masakan dengan beragam pilihan yang terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, seafood serta tempe, tahu dan sayuran segar yang diolah secara higienis.

Untuk pelayanan, Kedai Sirih Merah memiliki beberapa layanan, seperti:

  • Makan di Kedai (Dine-In)
    Menikmati enaknya sajian menu makanan dan minuman dan merasakan kenyaman Kedai Sirih Merah diiringi lagu lagu keroncong Nostalgia yang bikin betah.
  • Reservasi
    Menikmati enaknya sajian Menu dan kenyaman Kedai Sirih Merah bersama keluarga, teman dan kolega untuk Syukuran Ulang Tahun, Pernikahan dan lainnya.
  • Pesan Antar (Delivery)         Menikmati Sajian Kedai Sirih Merah melalui Pesan Antar Telp ke 021- 3911227. Tersedia juga jasa layanan antar melalui Go-Jek & GrabFood.
  • Catering
    Kedai Sirih Merah juga melayani catering yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman di rumah, kantor atau di berbagai lokasi acara.

Kedai Sirih Merah memiliki ruang – ruang yang didesain untuk kenyamanan para pelanggan. Tersedia pula, Ruang VIP besar dan kecil dengan tema meriah untuk acara khusus pelanggan.

Ornamen & Ruang:

  • Ruang VIP Biru – KETENANGAN
    Nuansa biru laut serta Jajaran piring piring tempo doeloe di dinding menghiasi Ruang VIP yang memberikan ketenangan tersendiri dapat menampung kapasitas hingga 10 orang
  • Ruang VIP Hijau – KESEHATAN
    Ruang VIP dengan nuansa hijau cerah dengan kapasitas hingga 10 orang
  • Ruang VIP Merah – KEMAKMURAN
    Ruang VIP dengan nuansa merah meriah dengan kapasitas hingga 10 orang memberikan rasa privasi tersendiri
  • Ruang VIP Koneng – KESUKSESAN
    Ruang yang ditata dengan lantai keramik doeloe warna kuning mampu menampung hingga 35 orang.

Ornamen serta perlengkapan makan di kedai ini sangat unik dengan perpaduan khas peranakan dan tradisional Indonesia memberikan kecantikan tersendiri untuk setiap menu yang disajikan.

Berbicara tentang menu masakan peranakan pasti yang terlintas adalah makan yang dimasak dengan cara minimalis dan rasa yang biasa saja. Namun ada yang berdeda dengan masakan di resto ini. Beberapa menu Kedai Sirih Merah yang wajib di coba diantaranya:

 

Pict by:Salman Faris

1. Tumis Jagung Peda.

Tampilan menu ini sangat sederhana, tapi dibalik kesederhanaannya ada kombinasi rasa manis, gurih dan asin yang tidak hanya cukup dibilang enak.

2. Soka Salad Saos Mangga.

Rasanya yummi banget, sokanya renyah dan saos asem manisnya gurih, rasanya pas di lidah.

3. Gurame Goreng Saos Mangga.

Tak jauh beda dengan Soka Salad Saus Mangga, Gurame goreng saus mangga juga sangat segar dan enak dengan irisan mangga Indramayu muda yang renyah.

Pict by: Salman Faris

4. Terong Goreng Sambal Belacan.

Buat penyuka terong, menu ini wajib dicoba, rasanya endes banget sesuai dengan penampilannya yang cantik. Rasa pedas dan asin dari sambalnya menggugah selera. warna terong gorengnya pun cantik dan enak di pandang.

Sop Buntut Rebus dan Ikan Bakar Pecah Kulit. Pict by: Salman Faris

5. Ikan Bakar Pecah Kulit.

Untuk urusan ikan bakar biasanya aku sangat rewel, karena sering kali menemukan ikan yang bau atau bumbunya yang tidak meresap. Tapi berbeda dengan ikan bakar dari Kedai ini, rasa daging ikanya masih terasa manis dan segar, bahkan tidak tercium bau amis ataupun bau jeroannya. Kata Siska, sang pemilik Resto, hal ini dikarenakan mereka menyajikan ikan segar dan bukan ikan yang disimpam lama di freezer.

6. Sop Buntut Rebus.

Daging buntutnya lembut. Kuahnya minimalis, bahkan tipis tapi pas di mulut. Seger dan bikin nagih.

7. Sapo Tahu Seafood.

Sepertinya ini menu masakan Kedai Sirih Merah paling juara dan wajib dicoba. Kuah saponya kental dan gurih tapi tidak bikin eneg meski terlihat sedikit berminyak. Perpaduan aneka seafood dan rempah yang menghasilkan rasa gurih yang pas dan lumer di mulut.

Sate kambing, Tumis Daging Istimewa, Ayam goreng bumbu Lengkuas dan Laksa Penang.

Menu andalan lainnya adalah, Tumis Daging Istimewa, rasanya seperti rendang dengan rasa manis, asin dan gurih yang khas. Ayam Goreng Bumbu Lengkuas yang kaya akan rempah. Yang istimewa dari menu ini adalah daging ayamnya lembut meski di goreng. Ayam Shio dan Sate Kambing. Untuk pecinta sate mungkin menu ini biasa karena tak mengeluarkan bau, tapi dijamin puas karena dagingnya empuk banget. Satu lagi menu yang gak boleh dilewatkan adalah Laksa Penang, suka banget dengan rasa asam dan aroma honjenya yang seger. Yang istimewa dari Laksa ini adalah ikan yang digunakanya, yaitu suwir ikan tuna yang yummy. Saking penasaran aku sampai berulang buat memastika rasa ikanya. :D:DTapi serius, laksanya enak banget.

Kedai Sirih Merah juga menyuguhkan berbagai minuman tradisional Indonesia mulai dari Teh Poci, Wedang Jahe, bandrek, kopi tubruk serta Jus buah segar hingga beragam hidangan penutup antara lain: Es Sirih Merah, Es Kopyor Durian ,Es kelapa muda sirsak, Es Campur, Es Kacang Merah, Es lobi lobi dan pilihan lainnya yang sangat menggoda selera.

Es Sirih Merahnya seger banget, yang membuatnya berbeda adalah perpaduan manis dan asam yang berasal dari perasan lemon dan manisan mangga yang khas dan lain dari pada yang lain.

Untuk aneka cemilan Kedai Sirih Merah menyiapkan aneka gorengan mulai dari Lunpia Semarang hingga tahu goreng yang renyah.

Harga di resto ini memang sedikit mahal tapi sesuai dengan rasa dan kualitas masakannya. Sang pemilik dan timnya sangat mengutamakan mutu dan kualitas serta rasa agar para pelanggan yang datang tidak kecewa. Hal tersebut dibuktikan dengan pelanggan setianya yang kembali dan kembali lagi untuk menikmati menunya yang istimewa.

Aneka cemilan kreatif Kedai Sirih Merah

Bagi yang penasaran dengan aneka menu Kedai Sirih Merah bisa datng langsung ke lokasi dan buktikan rasanya sendiri.

Kedai Sirih Merah
Jl. Taman Kebon Sirih 1 No.5 Jakarta Pusat
Telp: (6221) 3911227 Fax : (6221) 3911225
Email: Kedaisirihmerah@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *