Oppo F3, Handphone Dengan Dual Kamera Yang Canggih 

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 4 Mei 2017, saya kembali diundang Oppo Indonesia untuk mencoba dan menyaksikan launching produk terbarunya, yaitu Oppo F3. Siapa yang tidak kenal Oppo, salah satu vendor smartphone terbesar di Asia yang telah laris manis dan sukses menggempur pasar gadget dunia. Tiga smartphone seri selfie expert yang berhasil merebut perhatian pecinta kamera handphone diantaranya, Oppo F1, Oppo F1 Plus, dan Oppo F1s. Dan disusul dengan Oppo F3plus yang baru beberapa bulan lalu launching. Handphone Oppo berhasil merebut hati pecinta selfie dengan kecanggihan teknologi dual kameranya. Seperti seri sebelumnya, Oppo F3 juga menawarkan dual kamera depan untuk selfie lebih sempurna.

Dual kamera depan yang ditawarkan Oppo F3 memiliki resolusi 16 MP + 8 MP, artinya kualitas selfie yang dihasilkan kamera Oppo akan terlihat lebih sempurna. Tak jauh dari seri F3plus, di dalam kamera depan Oppo F3 juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang bisa menghasilkan foto selfie yang terlihat maksimal, dan salah satu fitur terbaiknya adalah Wide Angle, Screen Flash serta Beautify 4.0 yang memiliki keistimewaan bisa menyamarkan bekas jerawat atau noda hitam di wajah, sehingga foto hasil selfienya terlihat lebih cetarrr. Tak salah bila segmen penjualan Oppo lebih menyasar kaum perempuan. Hehehe …
Saat launching yang mengambil tempat di Hotel Ritz Calton yang berada di Pasifik Place tersebut, menghadirkan :

– Alinna Wenxin, Brand Manager OPPO Indonesia

– Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia

– Raisa Andriana dan Isyana Sarasvati, Brand Ambassador OPPO Indonesia
Saya sempet bingung, mengapa yang dilaunching justru F3plus dahulu baru F3, dan Mas Aryo, selaku Media Engagement Oppo Indonesia pun menjawab pertanyaan saya dengan jelas,

“Oppo F3plus diliris guna memenuhi kebutuhan pasar gadget kelas menengah ke atas dengan kisaran harga di atas 5 juta namun memiliki banyak kelebihan, sedangkan Oppo F3 yang juga mengusung teknologi Dual-front selfie camera, hadir didedikasikan untuk memanjakan para pecinta selfie dan menjawab kebutuhan kaum urban yang menginginkan hasil foto selfie dan group selfie sempurna dengan harga yang lebih terjangkau.”


Selain di Indonesia, pada hari itu juga Oppo F3 launching secara serentak dilima negara yaitu, India, Myanmar, Vietnam, Philippina dan Pakistan. Mungkin saat ini lagi ngetrn selfie, jadi kebanyakan konsumen hanya melihat keunggulan kamera depan yang memiliki kemampuan untuk selfie dan selfie grup namun kurang mengeksplor kamera belakang, padahal Oppo F3 memiliki kamera belakang dengan lensa beresolusi 13 MP yang dipersenjatai dengan fitur seperti phase detection autofocus dan LED Flash yang berfungsi untuk membantu pencahayaan. Belum lagi beberapa fitur canggih lainnya yang hampir serupa dengan yang ada pada kamera DLSR. Gak bohong hasil jepretan kamera Oppo F3 plus serupa dengan hasil jepretan kamera DLSR, dan bila diperbesar foto tidak pecah. 

Kebanyakan orang selalu melihat besarnya pixel untuk ukuran sebuah kamera handphone, padahal yang harus diperhatikan adalah besarnya aperture dan Oppo memiliki f/2.2. Aperture ini ditandai dengan huruf F sedangkan fungsinya adalah sebagai pengendali seberapa besar bukaan lensa didepan sensor terbuka. Semakin besar nilai F, makin kecil diameter bukaan lensanya dan sebaliknya, semakin kecil nilai F makin besar diafragma yang terbuka. Secara awam, apeture adalah bukaan lensa yang mempengaruhi jumlah cahaya yang masuk ke sensor. Pengaturan apeture tergantung pada pengaturan Shutter speed dan ISO. Apeture juga mempengaruhi ketajaman sebuah hasil jepretan.
Untuk media penyimpan baik foto maupaun aplikasi, Oppo F3 memiliki memori internal sebesar 64 GB dan menyediakan media slot microSD hingga 128 GB. Sedangkan untuk RAM, Oppo F3 memiliki RAM sebesar 4 GB, cocok banget buat blogger seperti saya yang selalu dituntut untuk multitasking.

Untuk sistem operasi, Oppo F3 sudah berjalan pada sistem operasi Android versi terbaru, yuitu Android v6.0 Marsmallow. Tampilan antar muka Oppo F3 telah mengunakan UI ColorOS 3.0. Dengan ukuran layar 5.5 inci IPS LCD beresolusi 1080 x 1920 pixels, Oppo F3 mampu memberikan tampilan gambar yang terlihat lebih nyata dan jernih. Si canngih ini dibekali baterai dengan daya 3200 mAh.
Oppo F3 mengusung teknologi 2.5D Curved Glass, di mana body handphone berbentuk melengkung pada bagian kana dan kiri layar, teknologi ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan kelembutan saat pengguna menggengam smartphone tersebut. Begitupun dengan tampilannya, terlihat mewah bekat pancaran desain bodi full metal. Untuk layar, Oppo F3 mempercayakan proteksi corning gorilla glass yang akan melindungi layar saat terbentur atau terkena goresan.

Kelebihan lain dari Oppo F3 adalah sensor Fingerprint yang merupakan sensor pemindai sidik jari tercepat saat ini yang mampu untuk menjaga privasi pengguna lebih maksimal. Dan tidak ketingalan, Oppo F3 juga telah dilengkapi sensor Gyroscope yang membuat ponsel pintar ini dapat digunakan untuk menikmati konten game atau video Virtual Reality (VR). Dan yang unik, smartphone ini memiliki fitur recycle bin atau tempat sampah yang serupa dengan yang terdapat di komputer, fungsinya pun sama. Keistimewaannya adalah pengguna bisa mengembalikan file atau foto yang telah dihapus atau tidak sengaja terhapus

Kelebihan Oppo F3

  • Memilik layar lebar 5.5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 pixels yang sangat sempurna untuk menonton video. 

  • Layar telah mengusung teknologi 2.5D Curved Glass ( Lengkung dikedua sisi ).
  • Telah dilengkapi pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang berfungsi untuk melindungi layar dari benturan atau goresan.
  • Telah mengunakan teknologi layar IPS LCD yang terkenal memiliki akurasi warna sangat jernih.
  • Dual SIM yang keduanya sudah mendukung jaringan 4G LTE yang merupakan jaringan tercepat dan terkuat saat ini.
  • Berjalan pada sistem operasi Android versi terbaru, yakni Android v6.0 Marsmallow yang memiliki banyak pilihan aplikasi dan fitur menarik.
  • Kinerja cepat dengan ditenagai prosesor Mediatek MT6750T dengan CPU Octa Core 1.5 GHz
  • Memiliki RAM 4 GB yang sangat lancar ketika digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan ( multitasking ).
  • Penyimpanan internal 64 GB yang masing dapat diperluas mengunakan microSD mencapai 128 GB yang sangat mendukung untuk menyimpan banyak aplikasi dan game.
  • Kamera belakang 13 MP lengkap dengan fitur phase detection autofocus dan LED Flash yang mampu menangkap momen indah dengan sempurna.
  • Dual kamera depan 16 MP + 8 MP lengkap dengan fitur screen flash yang sangat sempurna ketika digunakan untuk selfie.
  • Telah dilengkapi sensor pemindai sidik jari tercepat dan terakurat saat ini, yakni Fingerprint senso yang mampu menjaga privasi dalam ponsel secara optimal.
  • Telah dilengkapi sensor Gyroscope yang artinya ponsel pintar ini dapat digunakan untuk menikmati game atau video Virtual Reality ( VR ).

  • Baterai besar 3200 mAh yang sangat awet meskipun digunakan untuk main game dalam waktu lama.


Kekurangan Oppo F3

  • Tidak memiliki sertifikasi IP68 ( tahan air dan debu ), jadi tidak dapat digunakan untuk selfie dalam air.
  • Harga Oppo F3 dilepas dengan harga 4,4 Juta.

Pada tanggal 11-18 Mei Oppo juga menggelar acara Oppo F3 first experience di Mall Kelapa Gading yang diisi dengan berbagai acara talk show dari para narasumber keren yang membahas tentang fotografi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *