Dukung Digitalisasi Perempuan, XL Axiata Luncurkan Modul Pintar Sisternet Berbasis Online

Saat ini perkembangan dunia digital semakin maju di mana masyarakat, terutama perempuan harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan. 

Modul Pintar Sisternet

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang berfokus untuk menyediakan layanan digital guna memberikan kemudahan bagi aktifitas kehidupan masyarakat, serta mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia, minggu lalu melalui program Sisternet, meluncurkan sebuah inovasi baru bernama “Modul Pintar Sisternet.”

Program ini lahir sebagai komitmen XL Axiata guna memperluas manfaatnya untuk masyarakat, terutama kaum perempuan agar bisa mendapatkan materi belajar mengenai berbagai hal, yang sangat erat dengan aktivitas mereka baik di rumah maupun di tengah masyarakat maupun di dunia kerja.

Modul tersebut disediakan secara online, agar masyarakat bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Peluncuran Modul Pintar Sisternet ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

Dian Siswarini, selaku Presiden Direktur XL Axiata, yang saat peluncuran diwakili oleh Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communication XL Axiata
mengatakan, “Teknologi digital memberikan kesempatan yang luas kepada kita untuk bisa menciptakan berbagai sarana yang bisa mempermudah aktivitas.

Salah satunya adalah mengakses materi-materi peningkatan kompetensi atau keahlian, serta penyebaran informasi positif.

Dengan kemudahan seperti itu pula maka kami menghadirkan “Modul Pintar Sisternet.”

Yang di mana diharapkan akan akan memberikan kemudahan akses bagi kaum perempuan untuk mendapatkan materi belajar secara online, dimanapun, kapanpun, dengan beragam perangkat digital.”

Dian menjelaskan, sejak diluncurkan 4 tahun yang lalu, sampai saat ini tidak kurang dari 13 ribu orang kaum perempuan sudah pernah mengikuti kelas-kelas program Sisternet.

Dari sana banyak masukan dan dukungan yang XL Axiata terima, di antaranya harapan agar materi-materi belajar dari Sisternet bisa diakses secara online, sehingga masyarakat, baik yang berada di kota maupun yang berada di pelosok daerah bisa mengaksesnya dengan mudah.

Dukungan tersebut semakin besar ketika XL Axiata mulai aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian, guna berkolaborasi menyampaikan berbagai materi edukasi yang adalah bagian dari program pemerintah.

Begitupun dengan Sisternet, saat ini, program khusus perempuan ini sudah aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah kementerian.

Melalui program Sisternet ini, XL Axiata mendukung upaya kementerian-kementerian dalam memanfaatkan sarana digital untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada masyarakat luas.

Kerjasama telah dan masih dilaksanakan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak, serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sementara itu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dra Rosarita Niken Widiastuti, Msi mengatakan, “Dalam menyampaikan pesan mengenai program-program pemerintah yang menyangkut berbagai hal, kami membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk melalui program-program edukatif yang diselenggarakan oleh kalangan swasta, seperti program Sisternet.

Kami mengapresiasi program Sisternet yang dilaksanakan secara komprehensif dan mampu menjangkau masyarakat, terutama kalangan perempuan hingga ke pelosok-pelosok daerah.

Karena itu, kami sangat mendukung inisiatif untuk meluncurkan Modul Pintar Sisternet yang bisa menjadi sarana penyebaran informasi dan sekaligus edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.”

Dengan tersedianya modul online ini, Kemenkominfo berharap masyarakat, terutama kaum perempuan bisa semakin mudah mendapatkan materi belajar, termasuk juga materi-materi yang disediakan oleh pemerintah.

Menurut Rosarita Niken, banyak materi edukatif yang perlu pemerintah sampaikan kepada masyarakat, yang bisa meningkatkan pengetahuan serta kesadaran atas berbagai hal, termasuk pemecahan problem sosial di dalam bermasyarakat.

Modul ini dibuat oleh para pakar di bidangnya, serta komunitas masyarakat yang memiliki visi yang sama.

Materi belajar yang bisa diakses melalui Modul Pintar Sisternet diantaranya berupa edukasi untuk Ibu dan anak mengenai pendidikan dan kesehatan, juga literasi digital untuk bisa memanfaatkan sarana digital secara sehat dan bermanfaat.

Selain itu juga tersedia materi belajar yang ditujukan bagi bisnis kecil, antara lain mengenai entepreneuship, perencanaan keuangan bisnis kecil,  dan pemanfataan sarana digital untuk promosi dan pemasaran.

Untuk mengakses Modul Pintar Sisternet bisa melalui alamat www.sisternet.co.id/modulpintar.

Di sini masyarakat bisa mendapatkan berbagai modul belajar dalam format audio dan video. Modul ini juga bisa diakses dengan beragam perangkat digital, baik komputer, tablet, juga smartphone.

Kedepannya XL Axiata akan terus menambah materi belajar dengan berbagai materi lain sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selama ini program Sisternet menyelenggarakan kelas-kelas pemberdayaan perempuan yang disebut Sisternet Academy dengan cara tatap muka langsung.

Kelas Literasi Digital

Salah satu kelas teranyar dari Sisternet adalah #Kelasliterasidigital yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 16 Desember lalu, dengan mengangkat tema “Ibu Cerdas Di Era Digital.” 

Kelas ini dilakukan di Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta dengan menghadirkan empat pembicaraan wanita, yaitu Shahnaz Haque, Putri Lintang, Monica Kumala Sari dan Diah Kusumawardani Wijayanti. 

Kelas tersebut berupa talk show yang mengajak perempuan Indonesia untuk melek teknologi digital dan mampu memanfaatkan pengaruh positifnya bagi tumbuh kembang anak.

Baca juga Kelas Literasi Digital Bersama Sisternet

Selain kelas Literasi Digital peserta juga bisa mengikuti kelas-kelas lain yang terbagi dalam kategori seperti Kreatif Inspiratif, dan Aparatur Negara.

Selain itu, program edukasi tersebut juga dilakukan melalui social media Sisternet di Facebook Sisternet ID, Twitter @sisternetid, Instagram @sisternetid dan youtube Sisternet ID Official.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.